12 Mei 2012

Keindahan Candi Prambanan



Salah satu tempat wisata religi yang dimiliki oleh Indonesia ialah Candi Prambanan. Lokasi ini terletak di perbatasan antara Yogyakarta dengan Jawa Tengah, tepatnya 17 km arah timur Yogyakarta di Jalan Solo.



Candi Prambanan adalah mahakarya kebudayaan Hindu dari abad ke-10. Bangunannya yang langsing dan menjulang setinggi 47 meter membuat kecantikan arsitekturnya tak tertandingi.


Candi Shiwa ini juga sering disebut sebagai candi Roro Jonggrang karena legenda yang menceritakannya. Namun, yang pasti, candi ini memiliki daya tarik kebudayaan yang sangat tinggi.


Sedikit mengenai detail candi ini, bahwa Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.


Tidak sedikit wisatawan dari mancanegara yang mengagumi keindahan bangunan Candi Prambanan. Hanya dengan Rp 12.500 di hari biasa dan Rp 15 ribu di hari libur, anda sudah bisa menikmati areal candi yang luasnya mencapai beberapa hektar tersebut.


Selain itu, saat ini juga sudah ada program shuttle bus untuk rute Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Cukup dengan menambah Rp 10 ribu, maka sudah bisa menikmati dua keindahan Candi yang terletak berdekatan tersebut dengan layanan antar jemput dengan shutle bus yang menghubungkan keduanya.

Tidak ada komentar: