01 Mei 2012

Keindahan Kawah Ijen, Jawa Timur



Kawah Ijen yang terletak di timur Pulau Jawa memang terkenal keindahannya. Pesona kawah ini tidak hanya saat matahari bersinar, namun juga kala bulan masih berpijar. Penasaran?



Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Salah satu wisata yang akan menggoda mata adalah Kawah Ijen. Kawah ini berada di Gunung Ijen dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan umum dari Banyuwangi menuju Jambu


.Dari Jambu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen yang terletak di Paltuding dengan menggunakan ojek. Danau ini terbentuk dari air yang memenuhi kawah. Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia. Saking tinggi kadar asamnya, bahkan air di kawah ini bisa menghancurkan pakaian dengan cepat.


Tidak hanya itu, suhu air di kawah ini pun mencapai 200 derajat celsius. Kawah yang berwarna hijau toska ini berada di ketinggian 2.368 mdpl. Puncak momen indah di Kawah Ijen bukan terletak pada saat matahari berada di atas kepala, namun saat matahari sedang berada di belahan bumi lainnya.


Pada saat dini hari, sekitar pukul 2 pagi, kawah yang bervolume 200 juta meter kubik ini akan mengeluarkan cahaya berwarna biru kemerahan. Fenomena ini sangat indah dan tentu akan membuat Anda lupa bernafas untuk sejenak. Warna terang ini berasal dari tingginya suhu yang ada di kawah tersebut.


Jika menginap di kawasan Gunung Ijen, Anda bisa menikmati momen berharga ini dengan bantuan dari pemandu wisata terlatih. Dibutuhkan kondisi tubuh yang fit untuk menuju kawah karena harus mendaki. Namun semua rasa kantuk dan lelah akan terbayar saat melihat keindahan fenomena alam yang unik ini.


Ijen adalah kawasan gunung berapi aktif, Anda diharapkan berhati-hati. Karena belerang yang lumayan menyengat di kawasan kawah, ada baiknya Anda membawa masker untuk menjaga pernafasan dari pekatnya bau belerang.


Tidak ada komentar: